Tulungagungku


TULUNGAGUNG
Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tulungagung terkenal sebagai daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia yang tempatnya terdapat di Kecamatan Campurdarat dan Kecamatan Besuki. Kabupaten Tulungagung ini terbagi menjadi 19 kecamatan, 257 desa, dan 14 kelurahan.
Kecamatan yang ada di Tulungagng :
1  .Besuki                                    11. Boyolangu
2  .  Bandung                               12. Tulungagung
3  .Pakel                                      13. Kedungwaru
4  . Campurdarat                          14. Ngantru
5  . Tanggunggunung                   15. Karangrejo
6  . Kalidawir                                 16. Kauman
7  . Pucanglaban                          17. Gondang
8  . Rejotangan                             18. Pagerwojo
9  . Ngunut                                   19. Sendang
10. Sumbergempol

Budaya – Budaya di Tulungagung
Ø 

Manten Kucing
Hasil gambar untuk manten kucing

Tradisi manten kucing sering dilakukan oleh warga desa Palem, Kecamatan Campurdarat. Tradisi ini dipercaya oleh masyarakat sekitar untuk memohon hujan jika terjadi kemarau panjang. Uniknya lagi pada saat prosesi pasangan manten kucing dipertemukan di pelaminan, ada beberapa wanita tua melantunkan tembang dolanan khas Jawa.
“Uyek- uyek ranti, ono bebek pinggir kali, nuthuli pari sak uli ,tithit thuiiit…kembang opo? kembang-kembang menur, ditandur neng pinggir sumur, yen awan manjing sak dulur, yen bengi dadi sak Kasur”.

Tiban

Hasil gambar untuk tiban tulungagung
Tarian tiban atau ritual tiban berasal dari kata dasar “tiba” yang dalam Bahasa Jawa berarti “jatuh”. Tarian tiban ditunjukkan pada saat musim kemarau. Tujuannya sama seperti manten kucing untuk media memohon hujan. Alat yang paling utama digunakan untuk tarian ini ada “pecut” yang terbuat dari sada aren.

Reog Kendang Tulungagung

Hasil gambar untuk reog kendang
Pemain reog kendang terdiri dari 6 orang dan setiap orang membawa kendang (dhodhog) yang berbeda. Masing-masing mempunyai nama kendang kerep, kendang arang, kendang imbal 1, kendang imbal 2, kendang keplak dan kendang trongtong yang di pukul dengan stik kecil.

Makanan Khas


1. Sego Lodho

Hasil gambar untuk sego lodho
Sego lodho merupakan makanan favorit semua kalangan. Ayam lodho ini terbuat dari ayam bakar yang dibumbui kuning penuh dengan rempah.


2. Geti

Hasil gambar untuk geti
Bahan dasar pembuatan geti adalah kacang tanah, gula merah dan taburan wijen. Setiap orang yang berlibur ke Tulungagung pastikan akan membawa oleh-oleh geti ini karena rasanya yang enak.



3. Jenang Grendul
Hasil gambar untuk jenang grendul

Jenang grendul merupakan sebuah minuman khas Tulungagung. Jenang grendul di sajikan dengan ketan hitam dan santan. Jika anda berada di tulungagung pasti akan banyak menemui kedai-kedai penjual jenang grendul dan di jamin rasanya membuat ketagihan.











Komentar